Earth Hour: 31 Maret 2012, Jakarta Akan Gelap Total Selama Sejam

Untuk memperingati kampanye Earth Hour 2012, kota Jakarta akan gelap selama satu jam pada Sabtu (31/3/2012) besok. Pemadaman lampu serentak akan dilakukan sekitar pukul 20.30 WIB sampai 21.30 WIB. Ini sebagai wujud kepedulian masyarakat Jakarta untuk kelangsungan kehidupan di Bumi.

“Pada Sabtu (31/3/2012) nanti, mulai pukkul 20.30-21.30 WIB, Jakarta akan gelap gulita, karena dilakukan pemadaman lampu dan listrik,” ujar Direktur Iklim dan Energi World Wild Fund (WWF) Indonesia Nyoman Iswarayoga, Rabu (14/3/2012) di Balai Kota lalu.

Menurut Nyoman, jika hal ini terlaksana ini adalah partisipasi Jakarta yang keempat kalinya. Jakarta akan bergabung dengan 5.000 kota dari 153 negara dunia, dalam peringatan Earth Hour. Puncak perayaan Earth Hour di Jakarta rencananya terpusar di Central Park Mall, Jakarta Barat.

Nyoman juga menuturkan, kampanye Earth Hour 2012 bakal diikuti 22 kota di seluruh Indonesia. Menurutnya, jumlah tersebut meningkat tajam ketimbang tahun lalu, yang hanya diikuti secara resmi oleh lima kota di Pulau Jawa.

Yang istimewa pada tahun ini, ungkap Nyoman, Kota Banda Aceh juga akan mengikuti Earth Hour 2012. Namun, waktu pelaksanaannya berbeda setengah jam. “Banda Aceh mulai melakukan kampanye ini dari pukul 21.00-22.00 WIB. Mereka akan melaksanakan shalat Isya lebih dulu sebelum memulai kampanye,” tandasnya.

Apa itu Earth Hour? Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

Kampanye Earth Hour ini mulai dilaksanakan berbagai kota dari seluruh dunia sejak tahun 2007. Pelaksanaan kampanye ini selalu dilakukan pada bulan Maret setiap tahunnya.

Read more at

Leave a comment

Leave a comment