Coretan Saat Kita Iseng Ternyata Memiliki Makna Lho..

Terjebak di sebuah rapat, sedang mengalami ujian, atau juga sedang di dalam kelas dengan pelajaran yang membosankan, kemungkinan besar Anda akan mulai mencoret-coret dikala iseng. Tahukah Anda, hasil corat-coret tersebut mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian dan suasana hati?

“Kita cenderung mencorat-coret ketika bosan, dan hal tersebut dilakukan tanpa kesadaran penuh,” ujar Ruth Rostron, ahli analisa tulisan tangan dan wakil ketua British Institute of Graphologists, seperti dikutip harian Daily Mail.

Beberapa gambar yang kerap dicoret berulang-ulang seperti bunga, bintang, kotak, panah, atau pun wajah seseorang. Menurut Rostron, bagaimana coretan tersebut digambarkan penting untuk mengetahui makna sebenarnya.

“Orang yang emosional yang selalu menginginkan harmoni dan kasih sayang cenderung menggambarkan bentuk bulat dan garis lengkung. Orang yang ramah dan praktis selalu menggunakan garis lurus dan kotak. Orang-orang berpengaruh biasa menggambarkan sudut, zigzag, dan segitiga, sementara orang yang ragu-ragu menggunakan cahaya dan garis tebal,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa orang yang biasa menggambarkan dalam bentuk yang besar termasuk orang-orang yang percaya diri, sementara orang yang menggambarkan dalam bentuk kecil termasuk orang yang lebih memilih untuk mengamati daripada berpartisipasi.

Berikut beberapa bentuk gambar dan artinya. 

1. Wajah

Ekspresi wajah yang digambarkan merupakan indikasi baik dari suasana hati atau karakter orang yang telah menggambarkannya. Gambar yang bagus, wajah yang cantik menunjukkan bahwa Anda melihat sisi baik pada orang lain. Jika Anda menggambarkan sketsa wajah yang aneh atau jelek, Anda mungkin seseorang yang tidak mudah untuk percaya pada orang lain.

Wajah komik menunjukkan keinginan untuk menjadi pusat perhatian. Gambar wajah anak-anak menunjukkan sebuah kebutuhan. Gambar wajah sendiri menunjukkan bahwa Anda seseorang yang introvert.

2. Papan catur

Gambar kotak-kotak hitam dan putih menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang penyabar dan tekun. Mungkin Anda berada di situasi yang sulit.

Gambar tersebut juga termasuk gambar favorit orang-orang yang rentan terhadap perubahan suasana hati.

3. Bunga

Kelopak bunga yang melingkar di sekitar pusat bunga menggambarkan orang yang selalu mengedepankan urusan keluarga. Jika Anda menggambarkan bungan dengan kelopak bungan yang runcing mungkin Anda menyembunyikan sebuah kehangatan dari sikap Anda yang berhati-hati.

Jika Anda menggambarkan sekelompok bunga yang ceria, Anda termasuk orang yang suka bersosialisasi. Pucuk bunga yang menunduk menandakan Anda sedang merasa terbebani rasa khawatir.

4. Kupu-kupu

Jika Anda menggambarkan hewan-hewan yang bisa terbang seperti kupu-kupu, burung, lebah berarti Anda tidak ingin terikat atau sedang menghadapi tugas-tugas sulit.

5. Hati

Jelas, jika Anda menggambarkan hati, Anda sedang dimabuk asmara.

6. Pola yang rumit

Membuat gambar yang sulit dan sangat detil sering dikaitkan dengan orang-orang yang obsesif yang tidak akan melepaskan ambisi mereka atau cinta mereka. Jenis gambar ini juga merupakan gambar favorit dari orang yang sangat tertutup.

7. Tangga

Tangga adalah simbol dari ambisi dan keinginan untuk bekerja dengan cara Anda sendiri menaiki ‘tangga-tangga’ dalam kehidupan. Gambar tangga juga sering menunjukkan bahwa Anda memiliki tugas penting jangka panjang. Gambar tersebut mewakili pencarian spiritual atau keinginan untuk menjadi lebih bahagia.

8. Jangkar kapal

Jangkar kapal cenderung dikaitkan dengan seseorang yang penting dan memiliki tujuan tertentu dalam pikirannya, sadar akan tujuan pada targetnya.

Jika panah pada jangkar tajam dan bersudut, target Anda mungkin sesuatu yang penting, mungkin saingan Anda atau tugas yang sangat penting. Jika jangkar lebih mengalit dan dihiasi oleh aksen-aksen, target Anda mungkin berhubungan dengan masalah asmara atau gairah.

9. Kapal dan pesawat

Menggambar segala jenis alat transportasi menunjukkan bahwa Anda ingin
melarikan diri dari sebuah situasi.

10. Rumah

Gambar ini menunjukkan ksebuah kebutuhan akan keamanan. Gambar rumah yang rapih menunjukkan kehidupan rumah yang aman dan nyaman, sedangkan gambar yang berantakan, terutama gambar rumah tanpa jendela, menunjukkan kehidupan yang tidak bahagia di dalam rumah Anda.

Sebuah rumah yang digambarkan di atas bukit menunjukkan Anda sering
merasa terisolasi dan kesepian.

11. Jaring laba-laba

Gambar ini menyimbolkan sebuah perasaan terperangkap atau keinginan untuk menarik perhatian seseorang ke dalam sebuah hubungan atau situasi.

12. Nama atau inisial

Menggambarkan sebuah nama atau inisial adalah hal yang sangat biasa bagi mereka yang sangat menikmati menjadi pusat perhatian. Remaja yang kerap kali menggambarkan nama mereka mengindikasikan keinginan untuk melepaskan diri dari keluarga mereka dan mulai menjalani kehidupan yang mandiri.

Namun, jika Anda menggambarkan nama orang lain menunjukkan bahwa orang tersebut berada di pikiran Anda. Mungkin seseorang yang Anda cintai atau justru orang yang membawa masalah di kehidupan Anda.

13. Bintang

Bintang sering digambarkan oleh orang-orang yang ambisius. Banyak bintang kecil mengindikasikan sifat optimisme. Jika Anda menggambarkan satu bintang besar, tebal, dan bercahaya, Anda memiliki sebuah tujuan dalam langkah Anda.

Gambar bintang yang rapi menunjukkan fokus mental yang baik, sementara bintang-bintang yang asimetris menunjukkan seseorang yang energik.

14. Persegi

Jika Anda sering menggambarkan sebuah persegi berarti Anda termasuk seseorang yang ingin mengontrol situasi dan Anda berpikir untuk memecahkan permasalahan Anda.

Jika persegi yang Anda gambarkan akan terbentuk sebuah kubus, Anda cenderung orang yang sangat efisien, analitis yang dapat menangani situasi sulit.

15. Zigzag

Jika zigzag yang Anda gambarkan mengalir, lembut, dan terdiri dari banyak garis melengkung, Anda termasuk orang yang romantis. Jika pola yang Anda gambarkan terdiri dari banyak garis lurus yang tajam, maka Anda merupakan orang yang agresif dan maskulin.

Gambar zigzag menunjukkan sebuah pemikiran energik dan keinginan untuk mendapatkan sesuatu.

16. Tongkat

Umumnya digambarkan oleh orang-orang yang sukses, tongkat sederhana mengungkapkan seseorang yang mengendalihan emosi mereka dan sangat terfokus pada tujuan hidup mereka.

Sumber

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: