DAY DREAMING IS NOT BAD

Orang yang suka melamun pasti sering diprotes. Habis banyak banget, sih, mitos yang menceritakan sisi jeleknya melamun. Mulai dari kesurupan, sampai bikin ayam mati, he he….Kali ini, lihat dari sisi sebaliknya, yuk.

Ngelamun dan nge-blank

Dari luar, dua aktivitas ini memang kelihatan sama. Intinya, orang yang lagi berdiam diri denganmata menerawang. Tapi ngelamun itu enggak sama dengan nge-blank, lho. Biasanya, kalau orang ngelamun itu pikirannya enggak kosong. Dia sedang berpikir tentang sesuatu atau berimajinasi. Kalau nge-blank, berarti otak dia memang benar-benar kosong, alias enggak memikirkan apa-apa. Nah, nge-blank itu yang ngeri… 

 

1.      Get to know yourself

Pas lagi enggak ada kerjaan, coba, deh, sempatkan waktu buat berbengong-bengong ria. Pikirkan kejadian yang telah kita alami beberapa terakhir ini. Pikirkan juga cara kita menghadapi semua kejadian itu. Dari situ kita bisa lebih mengenal diri kita sendiri. Gimana, sih, sikap kita pas menghadapi hal yang enggak menyenangkan. Mata kita juga bisa ‘terbuka’ dalam melihat sifat-sifat jelek kita. Kalau sudah tahu, tinggal dibenerin, deh.

 

2.      Answer from above

Percaya, enggak, kadang-kadang jawaban itu justru datang pada saat kita enggak mikirin. Ketika kita belajar untuk santai dan pasrah, tanpa kita sadari, alam bawah sadar akan memberi kita jawaban yang selama ini kita nanti-nanti. Yakin saja, di dunia ini, enggak ada masalah yang enggak ada jalan keluarnya.

 

3.      Ide, datanglaaah!

Banyak seniman-seniman besar mengaku mereka mendapatkan ide brilian justru pada saat mereka enggak memaksa otaknya untuk bekerja, alias lagi melamun.Entah kenapa, tapi memang begitu keadaannya. Mungkin otak juga ngambek kali, ya, kalau disuruh kerja terus, he he he…

 

4.      Terbang ke negeri antah berantah…

Kita bisa mengembangkan ide-ide jenius kita dengan cara melamun. Pas dapat ide brilian, coba, deh, diam sebentar. Biarkan pikiran kita membawa kta ‘terbang’ ke negeri khayalan kita. Ide pasti akan mengalir dengan deras. Siapa tahu kita bisa menciptakan dunia khayalan seperti middle earth-nya the Lord of the Rings. Kereeen!

 

5.      Rest and relax

Melamun itu cara paling gampang buat mengistirahatkan badan dan pikiran kita. Habis melamun kita pasti bisa lebih rileks. Ssstt… enggak perlu keluar biaya juga, lho.

 

6.      It’s time to smile again

Sediakan waktu buat memikirkan masalah-masalah kita, nangis sepuasnya, dan  lupakan!

 

 

Moment-moment yang enggak pas

Jangan pernah melamun (apalagi bengong!) saat kita lagi :

–          Nyetir mobil

Enggak perlu diomongin panjang lebar, melamun pas nyetir sama saja kayak ngundang bahaya.

–          Teman bicara yang enggak menyenangkan

Kalau enggak pengin jadi public enemy, jangan pernah melamun pas orang lagi ngajak kita ngomong. Selain enggak sopan, bisa-bisa kita dianggap cewek sombong dan self-center.

–          Crowded place

Sekarang ini, orang jahat ada dimana-mana, jadi usahakan untuk enggak melamun di tengah keramaian. Bisa-bisa kita dihipnotis orang jahat.

–          Iiiih syerem…

Hmm.. ngapain juga, ya, kita melamun di tempat-tempat angker? Kurang kerjaan banget. Selain seram, kita pasti kelihatan aneh.

 

Jangan melamun soal…

1.      Depressive things

Ngapain ngelamunin hal-hal yang bikin kita tambah depresi? Bisa-bisa kita tambah down. Pokoknya enggak boleh!

2.      The worst

Tujuan melamun adalah bikin kita lebih optimist, pede, dan semangat lagi. Jadi, jangan selalu memikirkan kejadian terburuk, dong. A big no no

 

Sumber

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: